Notifikasi
Tidak ada notifikasi baru.

Langkah Apa Saja Yang Perlu Dipertimbangkan Ketika Belajar Digital Marketing

Diera Digital saat ini, Digital Marketing sangat membantu untuk perkembangan bisnis anda.


Jika Anda baru mengenal digital marketing, ini bisa tampak seperti topik yang menakutkan. Dengan semua saluran dan alat yang tersedia untuk memasarkan bisnis Anda, siapa yang tahu dari mana harus memulai? Berikut ini beberapa langkah yang perlu dipertimbangkan saat mempelajari digital marketing:

Mulailah Dari Yang Paling Dasar

Sangat mudah untuk terjebak dalam semua istilah-istilah mewah yang muncul ketika Anda belajar digital marketing, tetapi penting untuk mengetahui dan memahami dasar-dasarnya terlebih dahulu. Sebagai permulaan, Anda perlu mempelajari SEO (Search Engine Optimization) dan SEM (Search Engine Marketing), yang merupakan beberapa istilah yang paling sering digunakan dalam digital marketing. Jika Anda tidak memahami apa artinya atau bagaimana perbedaannya satu sama lain, maka semua yang lain akan tampak seperti omong kosong!

Setelah Anda memahaminya, masuklah ke Google Analytics agar Anda bisa melacak data lalu lintas situs web Anda dari waktu ke waktu - ini akan membantu mengidentifikasi tren yang bisa menguntungkan bisnis Anda di kemudian hari. Akan sangat membantu jika ada orang lain yang sudah menyiapkan akun analitik mereka sebelumnya sehingga mereka bisa mempelajari cara kerja semuanya sekali lagi sebelum terjun ke wilayah baru sendirian!

Pelajari Cara Menggunakan Alat Yang Paling Penting

Setelah Anda memilih platform digital marketing, saatnya mempelajari cara menggunakan alat yang paling penting. Ini termasuk pengoptimalan mesin pencari (SEO), Google Analytics, dan Google AdWords. Anda juga harus membiasakan diri dengan iklan Facebook dan Iklan Twitter. Jika Anda ingin masuk lebih dalam ke media sosial, iklan YouTube adalah pilihan lain serta Iklan Instagram atau Iklan Minat LinkedIn.

Buat Rencana dan Strategi Pemasaran Anda Sendiri

Strategi pemasaran Anda adalah rencana tentang bagaimana Anda akan mencapai tujuan Anda. Strategi ini harus mencakup pertanyaan siapa, apa, dan mengapa yang memandu tindakan dan keputusan Anda.

Rencana pemasaran yang baik memiliki tiga bagian utama:

  • Bagian riset pasar (kepada siapa kita menjual produk kita?)
  • Bagian pengembangan produk (apa yang perlu kita buat)
  • Bagian promosi (bagaimana cara membuat orang tertarik untuk membeli produk kita)

Pastikan Anda Menguasai Pengoptimalan dan Analisis Mesin Pencari

Pengoptimalan mesin pencari (SEO) adalah proses meningkatkan situs web Anda sehingga dapat memperoleh peringkat yang lebih tinggi dalam hasil pencarian. Penting untuk memahami cara kerja mesin pencari dan apa yang membuat situs yang baik bagi mereka, serta cara mengoptimalkan situs Anda untuk tujuan ini. Anda juga perlu mengetahui cara menganalisis hasil dari upaya SEO Anda sehingga Anda dapat melacak kemajuan dari waktu ke waktu dan melakukan penyesuaian bila diperlukan.

Ketahui Perbedaan Antara Trafik Organik dan Trafik Berbayar

Lalu lintas organik:

  • Lalu lintas organik adalah hasil mesin pencari gratis yang muncul di Google, Bing, dan mesin pencari lainnya.

Lalu lintas berbayar:

  • Lalu lintas berbayar adalah iklan berbayar (seperti Adwords atau Iklan Facebook) yang mengarahkan orang ke situs web Anda.

Pahami Media Sosial dan Cara Kerjanya

Media sosial adalah cara yang bagus untuk membangun merek Anda, terhubung dengan pelanggan Anda dan mendapatkan umpan balik dari mereka. Media sosial juga merupakan platform yang sangat baik untuk mempromosikan bisnis Anda. Sebagai pemasar digital, penting bagi Anda untuk memahami cara kerja media sosial agar Anda dapat memanfaatkan kekuatannya untuk mencapai hasil terbaik bagi bisnis atau organisasi Anda.

Langkah pertama saat mempelajari media sosial adalah memahami cara kerja setiap platform dan apa yang membuatnya unik. Sebagai contoh, Facebook memberikan kesempatan bagi bisnis untuk menjangkau audiens mereka melalui iklan, sementara Instagram memberikan fleksibilitas lebih bagi brand saat memposting konten karena tidak ada batasan karakter pada postingan (tidak seperti Twitter).

Kesimpulannya, digital marketing adalah bagian penting dari bisnis saat ini. Hal ini penting untuk bisnis Anda dan Anda harus mempelajarinya!

Kami harap artikel ini telah membantu Anda memahami dasar-dasar digital marketing. Meskipun ini mungkin terlihat seperti subjek yang menakutkan, kami mendorong Anda untuk tidak berkecil hati! Ingatlah bahwa setiap orang memulai sebagai seorang amatir dan semua pemimpin besar telah mampu mengatasi keraguan mereka dengan ketekunan dan kerja keras.

Digital Marketing Teknologi
Gabung dalam percakapan
Posting Komentar